MANFAAT KEANEKARAGAMAN HAYATI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

Posted by on 21 July 2017 - 10:10 AM

Edukiper.com - Keanekaragaman Hayati. Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati? Apa manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan manusia? Berbicara mengenai makhluk hidup, maka akan sangat banyak sekali variasi yang dapat kita temukan. Tidak hanya variasi karena perbedaan jenis, makhluk hidup yang sejenis juga menunjukkan adanya variasi. Variasi-variasi inilah yang menimbulkan keanekaragaman hayati.

Keanekaragaman hayati adalah suatu keadaan dimana makhluk hidup terdiri dari berbagai variasi baik dari ciri-ciri fisik maupun sifatnya. Keanekaragaman menunjukkan bahwa makhluk hidup sangat bervariasi dan setiap spesies memiliki ciri khasnya masing-masing.

Dalam suatu ekosistem, keanekaragaman hayati selain sebagai komponen penyusun juga sangat mempengaruhi keseimbangan ekosistem tersebut. Keanekaragaman hayati juga bermanfaat bagi kehidupan manusia baik dari segi ekonomi, ilmu pengetahuan, wisata, dan sosial budaya.

#1 Manfaat Keanekaragaman Hayati dari Segi Ekonomi

Manfaat keanekaragaman hayati

Keanekaragaman hayati menyajikan sumber daya yang bervariasi. Manusia dapat memanfaatkan keanekaragaman hewan dan tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka baik untuk keperluan energi, sumber makanan, atau pun kebutuhan ekonomi lainnya.

Flora dan fauna termasuk jenis sumber daya yang dapat diperbaharui sehingga dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan jika diimbangi dengan upaya pelestarian. Berbagai jenis pohon dapat dimanfaatkan untuk keperluan furnitur begitu pula berbagai produk yang menjadi komoditas ekspor.

#2 Manfaat bagi Ilmu pengetahuan

Sepanjang sejarah perkembangan ilmu pengetahuan, keanekaragaman hayati telah memberi begitu banyak kontribusi. Tersedianya hewan dan tumbuhan yang begitu beranekaragam, memungkinkan manusia untuk terus melakukan penelitian dan penemuan di berbagai disiplin ilmu.

Hingga saat ini masih banyak jenis hewan dan tumbuhan yang belum dipelajari dan belum diketahui manfaatnya. Kondisi ini bisa menjadi sebuah peluang bagi para ilmuwan untuk menghasilkan suatu penemuan baru terkait tumbuhan dan hewan tersebut.

#3 Manfaat Keanekaragaman Hayati dari Segi Wisata 
Selain dimanfaatkan untuk penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan, keanekaragaman hayati juga bermanfaat dalam hal wisata. Variasi yang beragam pada flora dan fauna umumnya menjadi daya tarik tersendiri sebagai objek wisata.

Keanekaragaman hayati menjadi hiburan tersendiri bagi manusia. Variasi pada makhluk hidup membuat hidup lebih berwarna dan tidak monoton. Bayangkan saja jika di dunia ini hanya ada satu jenis hewan misalnya harimau. Tentu akan sangat membosankan.

#4 Manfaat dari Segi Sosial dan Budaya

Dari segi sosial budaya, keanekaragaman hayati biasanya berkaitan dengan cara atau pola hidup masyarakat di daerah tertentu. Setiap daerah memiliki pandangan atau kepercayaan tersendiri terkait alam dan pengolahan nya.

Keanekaragaman hayati membantu manusia untuk memanfaatkan sumber daya baik hewan atau tumbuhan sesuai dengan aturan tertentu yang mereka anut. Sistem yang dianut umumnya juga mengupayakan agar penggunaan sumber daya alam disertai dengan upaya pelestarian.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan manusia. Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment