PENGERTIAN DAN RUMUS ENERGI POTENSIAL, ENERGI KINETIK, ENERGI MEKANIK

Posted by on 11 July 2017 - 5:22 PM

Edukiper.com - Apa yang dimaksud dengan energi potensial dan energi kinetik? Apa perbedaan antara energi potensial dan energi kinetik dan apa hubungan keduanya? Energi dapat tampil dalam berbagai bentuk dan dari sekian banyak bentuk energi, dua di antaranya adalah energi potensial dan energi kinetik. Kedua energi tersebut merupakan bentuk energi yang umum dimiliki oleh sebuah benda dan biasanya perpaduan keduanya inilah yang disebut sebagai energi mekanik benda.

#1 Energi Potensial Gravitasi
Energi potensial gravitasi adalah energi yang dimiliki oleh sebuah benda karena ketinggiannya. Untuk benda yang berada di bumi, maka gravitasi yang menjadi acuan nya adalah gravitasi bumi dan ketinggian benda dihitung dari permukaan bumi.

Dalam jangkauan besar gravitasi bumi yang tetap, maka besar energi peotensial gravitasi suatu benda akan berbanding lurus dengan ketinggiannya. Artinya, semakin tinggi posisi benda dari permukaan bumi maka akan semakin besar pula energi potensial gravitasinya.

Sebalinya, semakin rendah posisi ketinggian benda dari permukaan bumi maka akan semakin kecil pula energi potensial gravitasinya. Hubungan tersebut dapat dilihat dari persamaan rumus energi potensial gravitasi yang secara matematis dapat ditulis sebagai berikut:
Ep = m.g.h

Dengan Ep adalah energi potensial gravitasi benda (Joule), m adalah massa benda (kg), g adalah percepatan gravitasi bumi (m/s2), dan h adalah ketinggian benda yang diukur dari permukaan bumi (m).

Dari rumus di atas dapat dilihat bahwa energi potensial berbanding lurus dengan ketinggian benda. Jika dua benda memiliki massa yang sama, maka benda yang lebih tinggi akan memiliki energi potensial gravitasi yang lebih besar. Misalnya buah kelapa yang berada pada ketinggian 4 m memiliki energi potensial lebih besar dibanding kelapa yang berada pada ketinggian 2 m.

#2 Energi Kinetik

Jika energi potensial dimiliki benda karena ketinggiannya, maka energi kinetik dimiliki benda karena kecepatannya. Energi kinetik disebut juga sebagai energi gerak. Sebuah benda yang bergerak dengan kecepatan tertentu memiliki energi kinetik yang besarnya berbanding lurus dengan kecepatannya.

Artinya, semakin besar kecepatan benda maka akan semakin besar pula energi kinetik yang dimilikinya. Sebaliknya, semakin kecil kecepatan benda maka akan semakin kecil pula energi kinetiknya. Benda yang bergerak dengan kecepatan 5 m/s memiliki energi kinetik lebih besar dibanding benda bermassa sama yang bergerak dengan kecepatan 3 m/s.
Ek = ½ m.v2

Dengan Ek adalah besar energi kinetik yang dimiliki oleh suatu benda yang bergerak (Joule), m adalah massa benda (kg), dan v adalah kecepatan benda (m/s).

#3 Energi Mekanik

Jika ditanya perbedaan, maka jelaslah energi potensial dan energi kinetik adalah dua energi yang berbeda karena bentuknya saja sudah berbeda. Energi potensial dimiliki benda karena ketinggian sedangkan energi kinetik dimiliki benda karena kecepatan.
EM = Ep + Ek

Dengan EM adalah energi mekanik yang dimiliki benda (Joule), Ep adalah energi potensial yang dimiliki benda (Joule), dan Ek adalah energi kinetik yang dimiliki benda (Joule).

Pada beberapa kasus, energi mekanik yang dimiliki oleh sebuah benda cenderung tetap. Dalam hal ini berlaku hukum kekekalan energi mekanik. Jika hukum kekekalan energi mekanik berlaku, maka jumlah energi potensial gravitasi dan energi kinetik benda selalu menghasilkan nilai yang sama setiap detiknya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pengertian energi potensial dan energi kinetik beserta contoh dan hubungan keduanya. Jika artikel ini bermanfaat, harap bagikan dengan teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment