PENGERTIAN DAN RUMUS MENENTUKAN MASSA JENIS RELATIF SUATU ZAT

Posted by on 16 July 2017 - 4:36 PM

Edukiper.com - Massa Jenis Relatif Zat. Apa yang dimaksud dengan massa jenis relatif? Bagaimana cara menentukan massa jenis relatif suatu zat jika massa jenisnya diketahui? Bagaimana cara menentukan massa jenis relatif jika massa zat diketahui? Massa jenis relatif erat kaitannya dengan massa jenis, massa, dan volume suatu zat dengan air sebagai pembanding.

Massa jenis relatif adalah perbandingan antara massa jenis suatu zat dengan massa jenis air dalam volume yang sama. Pada dasarnya massa jenis relatif suatu zat ini adalah alternatif untuk menentukan nilai massa jenis suatu zat relatif terhadap air.

Istilah massa jenis relatif sebenarnya muncul sebagai sebuah solusi untuk mengatasi kesulitan dalam menerapkan ketelitian pada pengukuran volume suatu zat. Seperti yang diketahui, massa jenis merupakan hasil bagi antara massa zat dengan volume zat.

Nah, karena ketelitian dalam pengukuran volume zat cenderung akan bervariasi maka hasil perhitungan dalam penentuan massa jenis zat tentu juga akan bervariasi. Untuk mengatasi hal tersebut, maka digunakanlah nilai massa jenis air sebagai perbandingan.

Pemilihan massa jenis air (ρ air = 1 g/cm3 = 1000 kg/m3) dalam perhitungan massa jenis relatif adalah karena nilainya yang relatif mudah untuk diingat dan akan menghasilkan nilai massa jenis relatif yang sesuai dengan massa jenis zat.

Rumus Massa Jenis Relatif

Rumus menentukan massa jenis relatif

Karena massa jenis relatif dihitung melalui perbandingan massa jenis zat dengan massa jenis air yang volumenya sama, maka massa relatif suatu zat juga sama dengan perbandingan massa zat dengan massa air yang volumenya sama.

Penurunan Rumus :
⇒ ρrelatif = ρzatair
⇒ ρrelatif = (mzat.Vzat)/(mair.Vair)

Karena Vzat = vair, maka :
⇒ ρrelatif = mzat/mair

Satuan massa jenis adalah kg/m3 dan satuan massa adalah kg. Karena merupakan hasil bagi antara dua besaran yang sama, maka massa jenis relatif tidak memiliki satuan.

Baca juga : Cara Menentukan Massa Berdasarkan Volume Benda.

Contoh Menentukan Massa Jenis Relatif

Sebuah benda terbuat dari besi memiliki massa sebesar 15,8 gram. Jika massa air dengan volume yang sama dengan benda tersebut adalah 2 gram, maka tentukanlah massa jenis relatif benda tersebut.

Pembahasan :
Dik : mzat = 15,8 g, mair = 2 g
Dit : ρrelatif = ....?

Berdasarkan rumus massa jenis relatif :
⇒ ρrelatif = mzat/mair
⇒ ρrelatif = 15,8/2
⇒ ρrelatif = 7,9

Jadi, massa jenis relatif benda tersebut adalah 7,9.

Baca juga : Cara Menghitung Massa Jenis Zat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment