PENGERTIAN GAYA DAN PENGARUH GAYA TERHADAP BENDA

Posted by on 11 July 2017 - 5:11 PM

Edukiper.com - Apa yang dimaksud dengan gaya? Bagaimana sebuah gaya dapat mempengaruhi suatu benda? Gaya adalah suatu besaran yang menyebabkan perubahan gerak dan atau ukuran suatu benda. Gaya yang dialami oleh sebuah benda dapat berupa tarikan, dorongan, tekanan, dan sebagainya. Ketika sebuah benda bekerja terhadap suatu benda, maka gaya memiliki beberapa pengaruh terhadap benda tersebut sesuai dengan jenis dan arah gayanya. Selain dapat menyebabkan sebuah benda yang diam menjadi bergerak, berikut beberapa pengaruh gaya terhadap gaya.

#1 Gaya Mengubah Gerak Benda
Sebuah gaya dapat menyebabkan pergerakan benda berubah. Gaya dapat menyebabkan benda yang mula-mula diam menjadi bergerak atau sebaliknya mengubah benda yang mula-mula bergerak menjadi berhenti. Gaya dapat mengubah gerak benda sebab gaya dapat memberikan atau merubah percepatan benda.

Ketika sebuah benda yang mula-mula diam dikenai sebuah gaya yang menyebabkan benda mengalami percepatan tertentu, maka benda tersebut akan memiliki kecepatan sehingga benda yang tadinya diam akan bergerak dengan kecepatan tertentu.

Sebaliknya, ketika sebuah benda yang mula-mula dikenai sebuah gaya yang arahnya berlawanan dengan arah gerak benda maka benda akan mengalami perlambatan sehingga kecepatannya akan berkurang dan dapat menyebabkan benda yang tadinya bergerak menjadi diam.

#2 Gaya Mengubah Kecepatan Benda
Pengaruh berikutnya yang dapat diberikan gaya terhadap suatu benda adalah mengubah kecepatan benda. Gaya yang bekerja pada suatu benda yang sedang bergerak dapat menyebabkan kecepatan benda tersebut berubah. Perubahan tersebut bisa jadi semakin cepat atau justru semakin lambat.

Ketika gaya bekerja pada sebuah benda yang bergerak dengan arah yang searah dengan arah gerak benda, maka gaya tersebut akan menjadi dukungan bagi gerak benda sehingga akan memberikan percepatan kepada benda sehingga kecepatannya semakin cepat.

Sebaliknya, jika gaya bekerja pada benda dengan arah yang berlawanan dengan arah gerak benda, maka gaya tersebut akan menjadi hambatan bagi gerak benda sehingga benda mengalami perlambatan dan kecepatannya pun semakin kecil. Contoh gaya ini adalah gaya gesekan.

#3 Gaya Mengubah Arah Gerak Benda
Selain dapat menyebabkan perubahan kecepatan, gaya yang bekerja pada sebuah benda juga dapat menyebabkan arah gerak benda berubah. Hal itu karena kecepatan merupakan besaran vektor yang memiliki nilai dan arah sehingga selain nilainya, arah nya juga dapat berubah.

Ketika sebuah gaya bekerja pada sebuah benda dengan sistem yang bertentangan maka gaya tersebut dapat mengubah arah gerak benda tersebut. Sebagai contoh ketika sebuah bola dilempar ke arah pemain dan kemudian pemain memukul bola tersebut, maka arah gerak bola akan berubah karena gaya pukul yang diberikan oleh pemain.

#4 Gaya Mengubah Bentuk benda
Tidak hanya dalam hal kecepatan atau gerak benda, gaya yang bekerja pada sebuah benda juga dapat menyebabkan perubahan bentuk benda. Sebagai contoh, sebuah penggaris yang salah satu ujungnya diberi gaya tekan maka mistar tersebut akan melengkung.

#5 Gaya Mengubah Ukuran Benda
Selain mengubah bentuk benda, gaya juga dapat mengubah ukuran benda. Dalam hal ini, dapat diamati perubahan ukuran pada benda misalnya perubahan volume nya dan biasanya perubahan ukuran diikuti dengan perubahan bentuk. Misalnya lilin mainan anak-anak akan berubah ukurannya bila diberi gaya tekan atau dibentuk sedemikian rupa.

Gaya merupakan besaran vektor yang memiliki nilai dan arah sehingga gaya dapat digambarkan dalam bentuk diaram vektor. Satuan gaya menurut satuan SI adalah Newton (N). Gaya 1 Newton artinya gaya menghasilkan percepatan 1 m/s2 pada benda bermassa 1 kg.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian gaya dan pengaruh gaya terhadap benda. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment