PENGERTIAN GAYA SENTUH DAN GAYA TAK SENTUH BESERTA CONTOH

Posted by on 11 July 2017 - 5:15 PM

Edukiper.com - Apa yang dimaksud dengan gaya sentuh dan gaya tak sentuh? Apa perbedaan antara gaya sentuh dan gaya tak sentuh? Dapatkah anda memberi beberapa contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh? Secara sederhana, gaya dapat diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang dapat menyebabkan beberapa pengaruh pada benda seperti merubah gerak benda, merubah kecepatan benda, merubah bentuk dan ukuran benda, dan merubah arah gerak suatu benda.

Berdasarkan persentuhan antara dua benda, gaya dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Dari namanya tentu sudah sangat jelas terlihat perbedaan antara gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Namun untuk lebih jelasnya mari kita lihat pembahasan berikut ini.

#1 Pengertian Gaya sentuh
Gaya sentuh adalah gaya yang terjadi karena persentuhan langsung secara fisik antara dua benda, yaitu benda yang memberi gaya dan benda yang mengalami gaya. Dengan kata lain, gaya sentuh adalah gaya yang bekerja pada benda dimana titik kerjanya langsung bersentuhan dengan bendanya.

Jadi, sebuah gaya dapat dikatakan sebagai gaya sentuh jika titik kerja gaya tersebut bersentuhan secara langsung dengan benda yang dikenai gaya. Sebagai contoh sebuah meja didorong oleh seorang murid dengan gaya sebesar F. Dalam hal ini, anak menyentuh meja untuk mendorongnya sehingga gayanya disebut gaya sentuh.

Selain gaya dorong seperti di atas, terdapat beberapa contoh gaya sentuh lainnya yang umum dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh tersebut antara lain gaya pegas, gaya otot, gaya mesin, gaya gesekan, gaya tekan, dan sebagainya.

#2 Pengertian Gaya Tak Sentuh

Gaya tak sentuh adalah gaya yang terjadi tanpa persentuhan fisik secara langsung antara dua benda. Benda yang memberi gaya tidak menyentuh secara langsung benda yang dikenai gaya. Dengan kata lain, gaya tak sentuh adalah gaya yang bekerja dimana titik kerjanya tidak langsung bersentuhan dengan bendanya.

Jadi, sebuah gaya dapat dikatakan sebagai gaya tak sentuh jika titik kerja gaya tersebut tidak bersentuhan secara langsung dengan benda yang dikenai gaya. Sebagai contoh buah kelapa yang berada di atas pohon mengalami gaya gravitasi yang asalnya dari pusat bumi. Dalam hal ini, gaya gravitasi disebut sebagai gaya tak sentuh sebab tidak bersentuhan dengan kepala secara langsung.

Karena tidak bersentuhan secara langsung dengan bendanya, maka gaya tak sentuh juga dikenal denga istilah gaya meda, yaitu gaya yang timbul karena ada medan tertentu yang mempengaruhinya. Beberapa contoh gaya tak sentuh lainnya antaralain gaya magnet dan gaya listrik.

#3 Perbedaan Gaya Sentuh dan Gaya Tak Sentuh

Dari pembahasan mengenai pengertian gaya sentuh dan gaya tak sentuh di atas, maka semestinya kita sudah dapat melihat perbedaan yang mencolok antara gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Salah satu perbedaannya terletak pada ada tidaknya persentuhan.

Kalau gaya sentuh, titik kerja gayanya bersentuhan secara langsung dengan bendanya sedangkan gaya tak sentuh, titik kerjanya tidak bersentuhan secara langsung dengan bendanya. Sederhananya, jika gaya yang bekerja bersentuhan secara fisika dengan benda, maka gaya itu adalah gaya sentuh.

Ciri lain dari gaya tak sentuh yang membedakannya dengan gaya sentuh adalah adanya medan. Gaya tak sentuh biasanya timbul jika suatu benda berada di daerah yang memberikan pengaruh yang disebut medan misalnya medan listrik, medan gravitasi, atau medan magnet.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pengertian dan perbedaan antara gaya sentuh dan gaya tak sentuh beserta beberapa contohnya. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, harap bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment