RUMUS MENENTUKAN MASSA JENIS JIKA MASSA DAN VOLUME DIKETAHUI

Posted by on 14 July 2017 - 10:12 AM

Edukiper.com - Massa Jenis Zat. Apa yang dimaksud dengan massa jenis? Bagaimana rumus untuk menentukan massa jenis suatu zat? Bagaimana cara menghitung massa jenis zat jika massa dan volume nya diketahui? Berbicara mengenai zat, maka salah satu besaran fisika yang menjadi karakter zat adalah massa jenis zat. Massa jenis adalah ciri khas suatu zat yang membedakan zat satu dengan zat lainnya. Massa jenis merupakan besaran yang menyatakan perbandingan antara massa dan volume.

Meski massa jenis merupakan perbandingan antara massa dan volume zat, namun perlu diperhatikan bahwa massa jenis suatu zat tidak bergantung pada massa dan volume sebab massa jenis bersifat konstan atau tetap.

Artinya, berapa pun massa dan volume suatu zat maka massa jenis zat tersebut akan selalu sama sebab perbandingan antara massa dan volume nya akan selalu konstan. Air satu gelas dengan air satu ember memiliki massa jenis yang sama.

Dua zat yang berbeda akan menghasilkan massa jenis yang berbeda meski massa dan volumenya sama. Segelas air bermassa 20 kg memiliki massa jenis yang berbeda dengan segelas minyak bermassa 20 kg meskipun massanya sama-sama 20 kg dan volumenya sama-sama satu gelas.

Massa jenis suatu zat dapat ditentukan secara tidak langsung dengan cara mengukur massa dan volume nya atau secara langsung dengan menggunakan alat. Alat yang digunakan untuk mengukur massa jenis adalah hidrometer.

Rumus Massa Jenis

Rumus massa jenis zat

Jika massa (m) benda dan volume (V) benda diketahui, maka massa jenis (ρ : dibaca Rho) benda dapat ditentukan dengan menggunakan rumus ρ = m/v. Karena satuan dari massa adalah kg dan satuan volume adalah m3, maka satuan massa jenis adalah kg/m3.

Selain dinyatakan dalam satuan SI, massa jenis juga dapat dinyatakan dalam satuan lain seperti g/cm3 atau g/mL. Hubungan satuan tersebut adalah : 1 g/cm3 = 1 g/mL = 1000 kg/m3.

Karena nilai massa jenis suatu zat selalu tetap, maka massa jenis suatu zat biasanya sudah tertentu sehingga untuk zat-zat yang umum, massa jenisnya biasanya tidak disebutkan dalam soal. Misalnya massa jenis air adalah 1000 kg/m3.

Contoh Menentukan Massa Jenis

Seorang murid menemukan sebuah benda berbentuk balok di dekat sekolah. Dari hasil pengukuran, diketahui bahwa benda tersebut memiliki massa 160 gram dan volume sebesar 200 cm3. Berdasarkan data tersebut, maka tentukanlah massa jenis benda itu dan nyatakan dalam kg/m3!

Pembahasan :
Dik : m = 160 g, V = 200 cm3
Dit : ρ = .... ?

Berdasarkan rumus massa jenis :
⇒ ρ = m/V
⇒ ρ = 160/200
⇒ ρ = 0,8 g/cm3
⇒ ρ = 800 kg/m3

Jadi, massa jenis benda itu adalah 800 kg/m3.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment