RUMUS MENENTUKAN VOLUME SUATU ZAT JIKA MASSA DIKETAHUI

Posted by on 15 July 2017 - 6:46 PM

Edukiper.com - Hubungan Volume dan Massa Zat. Apa yang dimaksud dengan volume zat? Bagaimana cara menentukan volume suatu zat jika massa nya diketahui? Bagaimana hubungan antara volume dengan massa jenis zat? Jika berbicara tentang volume suatu zat, maka erat kaitannya dengan massa dan massa jenis zat sebab ketiganya merupakan besaran yang saling berhubungan.

Volume adalah sebuah besaran yang menyatakan kapasitas seberapa banyak ruang yang dapat ditempati dalam suatu objek atau zat. Dengan kata lain, volume suatu zat menunjukkan seberapa besar ruang yang dapat ditempatinya.

Dalam beberapa model soal fisika, kadangkala ada soal yang tidak memberitahu besar volume suatu zat padahal nilainya kita perlukan dalam perhitungan. Tapi dalam soal itu biasanya akan diberitahu berapa massa zat tersebut.

Massa zat yang diketahui dalam soal inilah yang dapat dijadikan petunjuk untuk menentukan besar volume zat tersebut. Namun, untuk menentukan volume suatu zat kita juga harus mengetahui massa jenisnya dan untuk zat-zat tertentu biasanya nilai itu harus dihafal.

Hubungan Volume dan Massa Zat

Rumus menentukan volume zat jika massa diketahui

Perlu diingat bahwa massa jenis suatu zat adalah tetap. Itu artinya, berapa pun volume dan massa suatu zat maka massa jenisnya akan sama. Jika massa suatu zat diketahui dalam soal, maka volume zat dapat dihitung dengan rumus V = m/ρ.

Jika satuan massa yang digunakan adalah kg dan satuan massa jenis yang digunakan adalah kg/m3, maka satuan volume yang dihasilkan adalah m3. Volume suatu zat juga dapat dinyatakan dalam satuan cm3 atau satuan mL.

Untuk mempermudah dalam pengerjaan soal, sebaiknya nilai massa jenis dari beberapa zat yang sudah umum misalnya air dan raksa dihapal sebab terkadang nilai itu tidak disebutkan di dalam soal sehingga akan sulit menentukan volume zatnya.

Baca juga : Cara Menentukan Massa Jenis Zat.

Contoh Menentukan Volume Zat

Sebuah benda berupa batangan yang terbuat dari emas memiliki massa 77,2 gram. Jika diketahui massa jenis emas adalah 19,3 g/cm3, maka tentukanlah volume benda tersebut!

Pembahasan :
Dik : m = 77,2 g, ρ = 19,3 g/cm3
Dit : V = .... ?

Berdasarkan hubungan massa dan volume:
⇒ V = m/ρ
⇒ V = 77,2/19,3
⇒ V = 4 cm3

Jadi, volume batangan emas tersebut adalah 4 cm3.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment