PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG AKIBAT PENCEMARAN UDARA

Posted by on 12 August 2017 - 7:56 AM

Edukiper.com - Akibat Pencemaran Udara Kumpulan model soal berbentuk essai atau isian bidang studi biologi untuk SMP tentang Akibat Pencemaran Udara beserta pembahasan. Pembahasan contoh soal ini disusun untuk membantu murid memahami dan mencapai beberapa kompetensi dasar dalam Akibat Pencemaran Udara seperti pengertian dari hujan asam, pengertian dari ozon dan bahan kimia yang dapat merusak lapisan ozon, beberapa gangguan yang terjadi jika lapisan ozon berkurang dan cara mencegahnya, penjelasan dari efek rumah kaca, dan pejelasan pengaruh polusi udara terhadap tubuh manusia.

Soal 1 : Apa yang dimaksud dengan hujan asam?

Pembahasan :
Hujan asam merupakan fenomena turunnya hujan yang airnya memiliki tingkat keasaman melebihi hujan biasa. Karena bersifat asam, hujan asam dapat merusak tumbuhan, hewan dan bangunan yang mengandung kapur dan besi.

Pembakaran batubara dan minyak menghasilkan zat sisa (emisi) yang berupa Sulfur dioksida (SO2), partikel halus dan Nitrogen dioksida (NO2). Zat tersebut bila larut dalam air hujan dapat menimbulkan hujan asam. Air hujan dengan pH kurang dari 5,6 dianggap asam.

Soal 2 : Apa yang dimaksud dengan Ozon? dan bahan kimia apa saja yang dapat merusak lapisan ozon!

Pembahasan :
Ozon merupakan bentuk oksigen yang tidak stabil. Jika ozon dekat permukaan bumi menyebabkan polusi. Jika berada antara 20-40 km, ozon berfungsi sebagai filter, yaitu pelindung dan penyaring radiasi ultraviolet sinar matahari.

Bahan kimia yang dapat merusak antara lain zat pendingin ruangan yaitu Freon (CFC), Froam plastik, Zat kimia penyemprot ruangan, misalnya hair spray dan parfum.

Soal 3 : Sebutkan beberapa gangguan yang terjadi jika lapisan ozon terus berkurang! Dan sebutkan usaha mencegah rusaknya lapisan ozon!

Pembahasan :
Berkurangnya lapisan ozon menyebabkan radiasi ultraviolet sampai ke permukaan bumi yang menyebabkan gangguan pada makhluk hidup antara lain menaikkan kasus katarak mata, menimbulkan kanker kulit, menurunkan produksi tanaman dan mengurangi daya kekebalan pada manusia.

Usaha-usaha untuk mencegah kerusakan lapisan ozon antara lain pembatasan penggunaan CFC, metil klarofare, karbon tetrakklorid, penghentian penggunaan busa plastik yang mengandung CFC, penghentian penggunaaan zat aerosol dalam penyemprotan dan mendaur ulang Freon dari mobil yang ber-AC.

Soal 4 : Salah satu dampak negatif pencemaran udara adalah timbulnya efek rumah kaca yang menyebabkan suhu bumi meningkat. Jelaskan efek rumah kaca dan kaitannya dengan pemanasan global!

Pembahasan :
Rumah kaca dapat memerangkap energi radiasi matahari, sehingga suhu di dalamnya lebih hangat daripada suhu di luar. Hal ini juga terjadi pada atmosfer bumi sehingga bumi tetap hangat. Ini disebut Efek Rumah Kaca.

Gas yang paling efektif menahan pantulan panas dari bumi adalah CO2. Karbondioksida dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil, misalnya batubara dan minyak bumi.

Jika jumlah CO2 terlalu banyak dan tumbuhan tidak mampu menyerapnya apalagi terjadi penebangan hutan,maka panas yang dipantulkan bumi terhalang CO2 dan memantul kembali ke bumi. Akibatnya suhu permukaan bumi meningkat dan terjadilah pemanasan global.

Soal 5 : Tuliskan pengaruh polusi udara terhadap tubuh manusia!

Pembahasan :
Pengaruh polusi udara terhadap tubuh manusia sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Beberapa pengaruh diantaranya Asap menyebabkan mata pedih dan berair, Ozon menyebabkan iritasi pada hidung, tenggorokan dan mempersempit paru-paru, CO2 yang dihirup akan terikat oleh erytrosit sehingga suplai O2 ke seluruh tubuh berkurang dan kerja otak menurun.

Demikianlah pembahasan contoh soal essai tentang Akibat Pencemaran Udara Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment