PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG BENTUK INTERAKSI ANTAR ORGANISME

Posted by on 10 August 2017 - 7:24 AM

Edukiper.com - Bentuk Interaksi Kumpulan model soal berbentuk essai atau isian bidang studi biologi untuk SMP tentang beserta pembahasan. Pembahasan contoh soal ini disusun untuk membantu murid memahami dan mencapai beberapa kompetensi dasar dalam Bentuk Interaksi seperti penjelasan bentuk interaksi beserta contohnya, pengertian dari antibiosis, pengertian dari simbiosis, pengertian dari simbiosis mutualisme beserta contohnya, pengertian dari simbiosis parasitisme beserta contoh nya, dan pengertian dari simbiosis komensalisme beserta contohnya.

Soal 1 : Salah satu bentuk interaksi antar organisme di dalam ekosistem adalah kompetisi. Apa yang dimaksud dengan hubungan kompetisi? Jelaskan dan berikan contoh!

Pembahasan :
Kompetisi merupakan interaksi yang bersifat bertentangan atau bersaing. Hubungan yang bersifat kompetisi terjadi jika dua jenis makhluk hidup atau lebih, hidup pada habitat yang sama dan memperebutkan sumber daya alam yang sama dalam jumlah terbatas.

Keterbatasan ini kemudian menjadi pemicu timbulnya persaingan. Beberapa contoh kompetisi antara lain : kerbau, kambing, rusa, sapi dan banteng hidup di daerah padang rumput yang sama atau satu wilayah. Hewan-hewan herbivora tersebut saling berebut makanan yang sama yaitu rumput.

Soal 2 : Selain bersimbiosis, ada pula organisme yang interaksi nya berbentuk antibiosis. Apa yang dimaksud dengan Antibiosis? Berikan contohnya!

Pembahasan :
Antibiosis juga disebut amensalisme adalah hubungan dua jenis makhluk hidup atau lebih yang menyebabkan salah satu makhluk hidup terhambat pertumbuhannya atau mati. Hal ini terjadi karena organisme yang lain mengeluarkan zat penghambat atau zat mematikan organisme lainnya yang hidup bersama.

Berikut beberapa contoh hubungan antibiosis :
1) Jamur penicilium notatum, dapat menghasilkan antibiotik berupa zat penisilin yang dapat mematikan bakteri yang hidup di sekitarnya.
2) Alang-alang, dapat mengeluarkan zat alelopati ke dalam tanah sehingga dapat menghambat pertumbuhan tanaman budidaya.

Soal 3 : Di antara organisme-organisme yang berkompetisi, ada pula yang berinteraksi membentuk simbiosis. Apa yang dimaksud dengan simbiosis dan sebutkan jenis-jenis simbiosis!

Pembahasan :
Simbiosis berasal dari syn (bahasa yunani) artinya bersama dan bios artinya hidup. Simbiosis merupakan bentuk hubungan dua atau lebih jenis makhluk hidup alam hubungan yang erat. Organisme yang bersimbiosis disebut simbion. Simbiosis ada tiga bentuk, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme dan simbiosis komensalisme.

Soal 4 : Apa yang dimaksud dengan Simbiosis Mutualisme dan berikan contohnya!

Pembahasan :
Simbiosis mutualisme adalah hidup bersama antara dua jenis makhluk hidup yang masing-masing simbion mendapat keuntungan. Beberapa contoh diantaranya: kerbau dengan burung jalak, serangga dengan tumbuhan berbunga, kutu buah dengan semut, rayap dengan flagellata dan ganggang biru dengan jamur.

Soal 5 : Apa yang dimaksud dengan Simbiosis Parasitisme dan berikan contohnya!

Pembahasan :
Simbiosis parasitisme adalah hubungan dua jenis makhluk hidup yang salah satu simbionnya mendapat keuntungan sedangkan simbion yang lain dirugikan. Beberapa contoh diantara: benalu dengan tumbuhan inang, tali putri dengan tumbuhan inang, rafflesia dengan akar liana, cacing perut dengan manusia dan virus tungro dengan tanaman padi.

Soal 6 : Apa yang dimaksud dengan Simbiosis Komensalisme dan berikan contonhya!

Pembahasan :
Simbiosis komensalisme adalah simbiosis yang salah satu simbiosisnya mendapatkan keuntungan, sedangkan simbion lainnya tidak mendapat keuntungan maupun kerugian. Contohnya ikan remora dengan ikan hiu.

Demikianlah pembahasan contoh soal essai tentang bentuk interaksi antar organisme. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment