PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG LINGKUNGAN DAN EKOSISTEM

Posted by on 09 August 2017 - 7:51 AM

Edukiper.com - Lingkungan dan Ekosistem. Kumpulan model soal berbentuk essai atau isian bidang studi biologi untuk SMP tentang lingkungan dan eskosistem beserta pembahasan. Pembahasan contoh soal ini disusun untuk membantu murid memahami dan mencapai beberapa kompetensi dasar dalam bab Ekosistem seperti mengidentifikasi pengertian lingkungan, jenis-jenis lingkungan, bentuk ekosistem berdasarkan proses terjadinya, komponen ekosistem, dan satuan ekosistem.

Soal 1 : Apa yang dimaksud dengan lingkungan? Jelaskan!

Pembahasan :
Lingkungan diartikan sebagai segala sesuatu yang ada disekitar makhluk hidup dan berpengaruh terhadap makhluk hidup itu sendiri. Dengan kata lain, lingkungan tidak sebatas tempat atau lokasi melainkan termasuk juga makhluk hidupnya. Makhluk hidup memerlukan lingkungan sebagai tempat hidupnya.

Soal 2 : Jelaskan pengertian lingkungan biotik dan lingkungan abiotik dan berikan beberapa contohnya!

Pembahasan :
Lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup lain yang berada disekitar organisme tersebut. Yang termasuk lingkungan biotik antara lain tumbuhan, hewan, mikroorganisme dan manusia lainnya.

Sedangkan lingkungan abiotik adalah lingkungan yang terdiri atas benda-benda tidak hidup yang berada disekitar organisme tersebut. Contohnya: tanah, air, udara, batuan, cahaya, suhu, kelemababan tekanan udara, gaya tarik bumi dll.

Pengertian Ekosistem dan Jenis Ekosistem

Soal 3 : Sebutkan pengertian ekosistem dan Jelaskan jenis-jenis ekosistem berdasarkan proses terjadinya!

Pembahasan :
Ekosistem adalah hubungan timbal balik atau interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang saling mempengaruhi. Berdasarkan proses terjadinya bentuk ekosistem dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:

#1 Ekositem Alami
Ekosistem alami adalah ekosistem yang proses terjadinya secara alamiah bukan karena campur tangan manusia. Contoh ekosistem alami antara lain ekosistem sungai, ekosistem hutan, ekosistem rawah, ekosistem pasir, dan sebagainya.

#2 Ekosistem Buatan
Ekosistem buatan adalah ekosistem yang proses terjadinya secara disengaja dibuat oleh tangan manusia. Contoh ekosistem yang dibuat oleh manusia antara lain ekosistem kebun, eksoistem sawah, ekosistem kolam dan ekosistem akuarium.

Soal 4 : Jelaskan jenis-jenis ekosistem berdasarkan tempat terjadinya!

Pembahasan :
Berdasarkan tempat terjadinya ekosistem dibedakan menjadi 2 macam, yaitu ekosistem darat dan ekosistem air.

#1 Ekosistem darat
Ekosistem darat adalah ekosistem yang terbentuk di daerah berupa daratan. Contoh tempat terjadinya ekosistem antara lain di hutan, di kebun, di gurun dan di gunung.

#2 Ekosistem air
Ekosistem air adalah ekosistem yang terjadi di daerah berupa perairan. Contoh tempat terjadinya ekosistem air antara lain di laut, di sungai dan di danau.

Soal 5 : Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen penyusun eksositem beserta contohnya!

Pembahasan :
Ekosistem disusun oleh 2 komponen utama yaitu:
#1 Komponen Biotik
Komponen biotik adalah komponen yang terdiri dari makhluk hidup. Makhluk hidup penyusun eksoistem terdiri dari produsen, konsumen, pengurai (dekomposer). Contoh dari produsen adalah tumbuhan. Contoh dari konsumen antara lain tikus, ular, elang, sapi, banteng, kuda, serigala, beruang dan harimau. Contoh dari pengurai antara lain cacing tanah, rayap.

#2 Komponen Abiotik Komponen abiotik adalah komponen yang terdiri dari benda mati. Beberapa komponen abiotik antaralain tanah, kelembaban (kadar air), udara, cahaya matahari dan suhu.

Demikianlah pembahasan contoh soal essai tentang lingkungan dan ekosistem. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment