PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG PEMANFAATAN SIMBISOSIS DAN ANTIBIOSIS

Posted by on 11 August 2017 - 8:02 AM

Edukiper.com - Bentuk Simbiosis dan Antibiosis beserta pembahasan. Kumpulan model soal berbentuk essai atau isian bidang studi biologi untuk SMP tentang Bentuk Simbiosis Dan Antibiosis beserta pembahasan beserta pembahasan. Pembahasan contoh soal ini disusun untuk membantu murid memahami dan mencapai beberapa kompetensi dasar dalam seperti Bentuk Simbiosis Dan Antibiosis beserta pembahasan Bentuk Simbiosis dan Antibiosis beserta pembahasan penjelasan hubungan antara Bakteri Rhizobium dengan tumbuhan, penjelasan hubungan antara pakis haji dengan paku air, pengertian dari Mikoriza dengan pinus, pengertian dari Tumbuhan epifit dengan Tumbuhan inang, pengertian dari Mikoriza, contoh dari alga dan jamur yang menghasilkan Lichenes, manfaat dari Bakteri Rhizobium dan pengertian dari Netralisme.

Soal 1 : Jelaskan bentuk interaksi yang terjadi antara Bakteri Rhizobium dengan tumbuhan polong-polongan!

Pembahasan :
Bentuk interaksi antara bakteri Rhizobium dan tumbuhan polong-polongan adalah simbiosis mutualisme, yaitu sama-sama memperoleh keuntungan. Bakteri Rhizobium mendapat zat makanan dari hasil fotosintesis tumbuhan polong-polongan, sedangkan tumbuhan polong-polongan mendapat nitrogen yang diikat oleh bakteri Rhizobium.

Soal 2 : Jelaskan hubungan antara Anabaena dengan pakis haji dan paku air dalam hal interaksi!

Pembahasan :
Anabaena dan pakis haji berinteraksi secara simbiosis mutualisme. Ganggang biru anabaena cycadae menambat nitrogen yang menyuburkan tanah tempat tumbuh pakis haji. Pakis haji menyediakan hasil fotosintesis (gulan) bagi Anabaena cycadae. Anabaena azollae menyediakan nitrogen yang diperlukan paku air, sedangkan paku air menyediakan hara bagi Anabaena azollae.

Soal 3 : Jelaskan bentuk interaksi simbiosis mutualisme yang terjadi antara Mikoriza dengan akar pinus! Dan apa manfaat dari bentuk interaksi yang demikian?

Pembahasan :
Mikoriza memperoleh makanan dari hasil fotosintesis tumbuhan pinus, sedangkan tumbuhan pinus mendapat untung karena tanah menjadi subur oleh adanya mikoriza yang menambat nitrogen. Bentuk interaksi seperti ini bermanfaat di bidang pertanian karena dapat digunakan untuk menyuburkan tanah dan meningkatkan produksi pertanian.

Soal 4 : Apa yang dimaksud dengan tumbuhan epifit? Jelaskan bentuk interaksi yang terjadi antara tumbuhan epifit dengan tanaman inang!

Pembahasan :
Tumbuhan epifit adalah tumbuhan yang hidup menempel pada tumbuhan inang tetapi tidak merugikan. Contoh epifit adalah anggrek dan tumbuhan paku yang hidup menempel pada ranting atau batang pohon. Anggrek dan tumbuhan paku mendapat keuntungan yaitu tempat hidup, sedang tumbuhan inang tidak diuntungkan dan tidak dirugikan.

Soal 5 : Apa yang dimaksud dengan Mikoriza? Jelaskan manfaat dari adanya mikoriza bagi tanaman pinus!

Pembahasan :
Mikoriza adalah hasil hubungan simbiosis mutualisme antara jamur benang dengan akar tumbuhan. Kedua jasad hidup tersebut saling mendapat keuntungan. Jamur mendapat nutrien organik dari tumbuhan, jamur menempatkan diri untuk melindungi dari cekaman kondisi lingkungan dan bebas dari kompetisi, karena mikoriza menghasilkan substansi alelopatik (racun).

Mikoriza membantu tumbuhan tumbuh pada tanah kurang subur dan melindungi tumbuhan dari hama tertentu. Simbiosis antara jamur dengan akar tanaman pinus menghasilkan mikoriza yang dapat meningkatkan produksi getah pinus.

Soal 6 : Sebutkan contoh dari alga dan jamur yang menghasilkan Lichenes!

Pembahasan :
Simbiosis antara alga dan jamur menghasilkan Lichenes (lichen atau liken atau lumut kerak). Beberapa contoh diantaranya: Usnea dasypoga dan Usnea mesemminensis dapat digunakan sebagai bahan pembuatan obattradisional dan Roccela tinctoria digunakan sebagai bahan pembuatan kertas lakmus.

Soal 7 : Bakteri Rhiobium dapat bersimbiosis secara mutualisme dengan tanaman polong-polongan. Jelaksan manfaat dari interaksi tersebut di bidang pertanian!

Pembahasan :
Simbiosis antara bakteri-bekteri Rhizobium dengan tumbuhan untuk memfiksasi (mengikat) N2 bebas dari udara. Bakteri mendapatkan nutrien dari tumbuhan dan tumbuhan mendapat N organik dari bekteri. Bentuk simbiosis tersebut adalah mutualisme.

Soal 8 : Salah satu bentuk interaksi antar organisme adalah netralisme. Apa yang dimaksud dengan Netralisme? Berikan contohnya!

Pembahasan :
Netralisme adalah hubungan yang bersifat netral terjadi jika dua atau lebih jenis organisme hidup bersama dalam suatu habitat, namun tidak saling merugikan dan tidak saling menguntungkan. Mereka tidak saling berebut sumber daya alam yang sama.

Beberapa contoh diantara: kehidupan burung bangau dengan burung pipit di sawah, burung bangau memakan ikan, siput dengan kepiting, burung pipit memakan padi. Kedua burung tidak saling berebut makanan.

Demikianlah pembahasan contoh soal essai tentang Pemanfaatan Bentuk Simbiosis Dan Antibiosis. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment