PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG PEMELIHARAAN SUMBER DAYA ALAM

Posted by on 12 August 2017 - 8:22 AM

Edukiper.com - Sumber Daya Alam. Kumpulan model soal berbentuk essai atau isian bidang studi biologi untuk SMP tentang Sumber Daya Alam beserta pembahasan. Pembahasan contoh soal ini disusun untuk membantu murid memahami dan mencapai beberapa kompetensi dasar dalam Sumber Daya Alam seperti pengertian dari sumber daya kekal, yang dapat diperbaharui, yang tidak dapat diperbaharui, pengertian dari penangkaran beserta tempat pemeliharaannya, penjelasan tindakan untuk menjaga kelestarian hutan, penjelasan tindakan yang merusak kelestarian hutan dan penjelasan yang merusak hutan beserta akibatnya.

Soal 1 : Jelaskan yang dimaksud dengan sumber daya alam kekal, sumber daya yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui beserta contohnya!

Pembahasan :
Sumber daya alam terbagi atas 3 macam, yaitu sumber daya alam kekal, sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

#1 Sumber daya alam kekal
Sumber daya yang kekal merupakan sumber daya alam yang tidak akan habis. Beberapa contohnya antara lain energi matahari, angin, arus laut, gelombang air dan air terjun.

#2 Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Sumber daya alam dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang dapat rusak tetapi juga dapat diperbaiki dalam waktu yang tidak lama. Beberapa contoh antara lain penghasil karbohidrat, lemak protein, vitamin, obat-obatan, bahan industri, tape, tempe dan minuman.

#3 Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
Merupakan sumber daya alam yang persediaannya terbatas dan jumlahnya tidak dapat digantikan. Penggantian memerlukan waktu yang terlalu sangat lama dan hasilnya berkualitas rendah. Beberapa contoh antara lain minyak bumi , bahan galian, bahan tambang dan berbagai macam logam.

Soal 2 : Jelaskan bentuk pemeliharaan hewan dan tumbuhan berdasarkan tempat pemeliharaannya! Berikan contohnya!

Pembahasan :
Untuk kelestarian hewan dan tumbuhan diperlukan pemeliharaan untuk dikembangbiakan yang disebut penangkaran. Berdasarkan tempat pemeliharaannya dapat dibedakan pemeliharaan in situ dan pemeliharaan ex situ.

#1 Pemeliharaan In Situ
Pemeliharaan In situ adalah pemeliharaan hewan atau tumbuhan di habitat aslinya, tiak dibawa keluar. Hal ini dilakukan agar lingkungan sesuai dengan habitat alaminya.

#2 Pemeliharaan Ex Situ
Merupakan pemeliharaan hewan atau tumbuhan di luar habitat aslinya. Namun kondisinya diusahakan sama dengan habitat aslinya. Contoh dari pemeliharaan dari Ex Situ antara lain pengembangbiakan di kebun binatang, misalnya jalak Bali, setelah berhasil ditangkar secara Ex Situ kemudian dilepaskan ke habitat aslinya.

Soal 3 : Sebutkan beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk Menjaga Kelestarian Hutan!

Pembahasan :
Berikut beberapa upaya untuk melestarikan hutan :
1). Penghijauan yang dilakukan terhadap daerah-daerah gundul
2). Menciptakan daerah-daerah cagar alam dan suaka margasatwa untuk menghindari punahnya beberapa jenis hewan dan tumbuhan langka.
3). Membuat bendungan atau waduk untuk mengairi daerah-daerah tandus agar dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian.

Soal 4 : Sebutkan tindakan yang sifatnya merusak kelesarian lingkungan!

Pembahasan :
Berikut beberapa tindakan manusia yang dapat mengancam kelestarian lingkungan:
1). Membuka hutan untuk usaha perladangan dengan membakar hutan.
2). Membuang limbah industri yang mencemari air, tanah dan udara
3). Eksploitasi minyak lepas pantai dapat menimbulkan pencernaan dilaut.
4). Penggunaan bahan bakar yang tak ramah lingkungan.

Soal 5 : Sebutkan beberapa bentuk tindakan yang dapat merusak hutan dan sebutkan akibat dari kerusakan tersebut!

Pembahasan :
Penebangan hutan dengan praktek perladangan berpindah-pindah. Penebangan hutan untuk perladangan berdampak negatif dengan makin sempitnya areal hutan dan meluasnya padang alang-alang, yang selanjutnya dapat memperluas lahan kritis.

Penggundulan hutan jika hutan hutan menjadi gundul, sebagian tumbuhan akan hilang karena sengaja diambil. Sedang hewan yang berlindung di dalamnya akan mati karena tidak ada tempat berlindung dari faktor-faktor yang tidak menguntungkan. Penggundulan hutan untuk diambil kayunya akan mengubah ekosistem, mengubah rantai makanan, sekaligus mengganggu komponen pembentuk ekosistemnya.

Kerusakan hutan yang makin besar akan berakibat makin menurunnya fungsi hutan terhadap kelestarian air, kesuburan tanah, produksi hasil hutan dan penurunan kekayaan flora dan fauna. Meningkatnya penebangan hutan berakibat makin kecilnya keragaman hayati, sehingga jenis hewan dan tumbuhan tertentu menjadi langka dan terancam kepunahan.

Penebangan hutan secara tak terkendali mengakibatkan erosi tanah. Air hujan yang semula tertahan oleh humus dan akar pohon-pohonan mengalir ke daerah yang lebih rendah mengakibatkan timbul banjir, erosi dan pendangkalan sungai dan danau.

Demikianlah pembahasan contoh soal essai tentang Pemeliharaan dan Konservasi Sumber Daya Alam. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment