PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG PENCEMARAN AIR DAN POLUSI TANAH

Posted by on 12 August 2017 - 8:08 AM

Edukiper.com - Penyebab Pencemaran Air Dan Tanah. Kumpulan model soal berbentuk essai atau isian bidang studi biologi untuk SMP tentang Penyebab Pencemaran Air Dan Tanah beserta pembahasan. Pembahasan contoh soal ini disusun untuk membantu murid memahami dan mencapai beberapa kompetensi dasar dalam Penyebab Pencemaran Air Dan Tanah seperti penjelasan beberapa unsur atau senyawa di dalam hujan, penjelasan tentang penyebab pencearan air, penjelasan pencemaran tanah, cara menanggulangi pencemaran tanah.

Soal 1 : Sebutkan beberapa unsur atau senyawa yang ada di dalam hujan! Sebutkan beberapa indikator yang menunjukkan air tercemar!

Pembahasan :
Air hujan mengandung unsur atau senyawa antara lain: NH3, SO4, CO2, CL, H2, C, O2 dan debu. Air dari mata air mengandung Na, Mg, Ca, Fe dan O2. Air juga mengandung bakteri atau mikroorganisme lain.

Berikut beberapa indikator yang menunjukkan tercemarnya air :
1). Perubahan suhu air : jika suhunya tinggi kadar O2 dalam air berkurang.
2). Perubahan asam atau basa : air limbah dan buangan industri dapat mempengaruhi pH air.
3). Perubahan warna, bau dan rasa air : air yang bersih adalah air yang tidak berwarna/bening, jernih, tidak bau serta tak ada rasa.

Soal 2 : Tuliskan beberapa bahan-bahan pencemar yang menjadi penyebab pencemaran air!

Pembahasan :
#1 Limbah Industri.
Logam berat yang dihasilkan oleh kegiatan manusia (termasuk industri) antara lain yang sering menjadi polemic dalam kasus pencemaran adalah Cd (cadmium), Cr (kromium), Pb (plumbum/timbal), Cu (kuprum/tembaga) dan merkuri.

#2 Limbah rumah tangga.
Limbah rumah tangga juga berperan dalam timbulnya pencemaran air sebab beberapa limbah biasanya dibuang ke aliran sungai. Terdiri dari sisa-sisa bahan organik (nasi, minyak goreng, urine, kotoran) air bekas cucian, air mandi dan WC, sampah dan detergen.

#3 Zat-zat kimia
Misalnya insektisida, minak bumi, DDT dan lain-lain. Akibat penyemprotan DDT (Dikhlor Difenil Trikhloro Etana) menyebabkan air tercemar dan DDT masuk ke ganggang, ganggang dimakan ikan kecil, kemudian ikan kecil dimakan ikan besar, ikan besar dimakan manusia sehingga manusia bisa keracunan DDT.

Soal 3 : Sebutkan beberapa penyebab terjadinya pencemaran tanah!

Pembahasan :
Pencemaran tanah bisa disebabkan oleh bahan cair dan bahan padat. Bahan cair misalnya limbah rumah tangga, limbah industri dan limbah pertanian misalnya pemupukan dan penyemprotan. Limbah padat misalnya sampah, logam (besi), plastik, kaleng, karet dll. Logam berat seperti merkuri, cadmium dan litium dapat merusak susunan saraf dan menyebabkan cacat pada keturunan organisme.

Soal 4 : Bagaimana cara menanggulangi pencemaran tanah?

Pembahasan :
Sampah yang mudah terurai seperti daun, kertas, sisa organisme di daur ulang dijadikan kompos. Sampah yang sulit terurai seperti logam, kaca, plastik dan kaleng dapat dimanfaatkan kembali. Jangan membuang sampah di sembarang tempat karena bisa menyumbat saluran dan menyebabkan banjir.

Soal 5 : Sebutkan beberapa upaya untuk mengantisipasi pencemaran air!

Pembahasan :
Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran air :
1). Tidak membuang limbah rumah tangga atau limbah industri ke sungai atau laut
2). Tidak membuang sampah ke sungai
3). Pemeliharaan dan pemeriksaan sungai secara berkala
4). Menjaga jarak antara pembuangan dengan sumber air
5). Mengupayakan agar pemukiman tidak terlalu padat di daerah sungai.

Demikianlah pembahasan contoh soal essai tentang Penyebab Pencemaran Air Dan Tanah. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment