PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG PENCEMARAN (POLUSI) UDARA

Posted by on 12 August 2017 - 7:48 AM

Edukiper.com - Pencemaran Lingkungan. Kumpulan model soal berbentuk essai atau isian bidang studi biologi untuk SMP tentang Pencemaran Lingkungan beserta pembahasan. Pembahasan contoh soal ini disusun untuk membantu murid memahami dan mencapai beberapa kompetensi dasar dalam Pencemaran Lingkungan seperti pengetian dari polutan beserta contohnya, penjelasan faktor-faktor penyebab pencemaran udara, macam-macam partikel dari bahan polutan udara, dan menjelaskan komponen-komponen polutan udara.

Soal 1 : Apa yang dimaksud dengan polutan? berikan contohnya!

Pembahasan :
Polutan adalah zat atau bahan yang menyebabkan terjadinya polusi. Suatu zat disebut polutan jika keberadaannya menimbulkan kerugian pada makhluk lain. Contohnya CO2 yang kadarnya 0,095% dapat merusak karena secara alami kadar CO2 di udara adalah 0,032%.

Soal 2 : Jelaskan faktor-faktor penyebab pencemaran udara!

Pembahasan :
#1 Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah faktor penyebab polusi udara yang timbul dari luar udara itu. Faktor ini disebabkan oleh hasil kegiatan, misalnya pembakaran bahan bakar, pemakaian zat kimia yang disemprotkan ke udara.

#2 Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor penyebab polusi udara yang berasal dari dalam atau bagian komponen udara, misalnya berupa debu yang berterbangan, debu dari gunung berapi, gas-gas vulkanik dan proses pembusukan sampah.

Soal 3 : Sebutkan macam-macam partikel dari bahan-bahan polutan udara!

Pembahasan :
Partikel adalah bahan-bahan polutan udara yang berbentuk padat. Macam-macam partikel polutan udara:
1). Aerosol : partikel yang berhamburan dan melayang di udara.
2). Debu : aerosol yang melayang-layang di udara berupa butiran padat.
3). Kabut : aerosol yang berupa butiran-butiran air di udara.
4). Asap : aerosol campuran antara butiran padat dan cair yang berhamburan di udara.

Soal 4 : Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen polutan udara!

Pembahasan :
Komponen Polutan Udara terbagi atas 5 bagian, yaitu :
#1 Karbon monoksida (CO)
Karbon monoksida merupakan hasil pembakaran dari bahan fosil misalnya minyak atau batubara oleh mesin-mesin penggerak transportasi. Di daerah industri dan lalu lintas yang padat, kadar pencemaran CO lebih tinggi. Penyerapan CO oleh tanah dapat dilakukan oleh mikroorganisme.

#2 Nitrogen oksida (NO)
Nitrogen oksida merupakan hasil pembakaran dari gas buangan hasil pembakaran kendaraan bermotor, generator pembangkit listrik atau bahan bakar gas alam. Polutan ini akan bereaksi dengan H2O atau udara O2 di udara dan membentuk asam sitrat.

#3 Gas SO2 dan gas SO3
Sifat gas SO2 adalah berbau tajam, tidak mudah terbakar dan tidak menimbulkan korosi. Sifat gas SO2 adalah mudah bereaksi(reaktif) dan menimbulkan korosi. SO2 berasal dari pembakaran batubara dan minyak.

SO2 bertemu O2 membentuk SO3. Gas SO2 bereaksi dengan uap air membentuk asam sulfit atau asam sulfat yang dapat menyebabkan hujan asam. Jika H2SO4 dan HNO2 berupa butiran-butiran halus turun ke permukaan bumi, peristiwa ini disebut deposisi asam.

#4 CFC (Chloro Fluoro Carbon)
CFC yang dilepaskan dari lemari es, plastic foam dan alat ppenyemprot seperti hair spray dan parfum. CFC bereaksi dengan ozon (O3) sehingga lapisan ozon berkurang. Ozon berfungsi menyaring radiasi ultraviolet sinar matahari.

#5 Timbal (Pb)
Senyawa timbal dicampur bensin dapat meningkatkan kerja kendaraan bermotor. Gas keluarannya menimbulkan polusi. Polusi timbal dapat berasal dari makanan kaleng dan pipa timbal. Polusi timbal dapat merusak otak.

Soal 5 : Sebutkan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi polusi udara!

Pembahasan :
Berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengantisipasi pencemaran udara:
1). Melakukan penghijauan atau hutan kota
2). Mengharuskan industri jauh dari pemukiman
3). Meneliti bahan bakar yang lebih ramah lingkungan
4). Membatasi jumlah kendaraan di perkotaan jika mungkin
5). Mengolah sampah tanpa pembakaran massal
6). Mengurangi penggunaan air conditioner atau CFC.

Demikianlah pembahasan contoh soal essai tentang Pencemaran Lingkungan. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment