PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG PENGERTIAN DAN PENYAJIAN MUSIK ENSAMBEL

Posted by on 25 August 2017 - 7:52 AM

Edukiper.com - Musik Ansambel. Kumpulan model soal berbentuk essai atau isian bidang studi biologi untuk SMP tentang Musik Ansambel beserta pembahasan. Pembahasan contoh soal ini disusun untuk membantu murid memahami dan mencapai beberapa kompetensi dasar dalam Musik Ansambel seperti pengertian musik ansambel, pengertian pokok penting dari musik ansambel, pengertian jenis penyajian musik bersama, penjelasan musik ansambel berdasarkan fungsinya.

Soal 1 : Apa yang dimaksud dengan musik Ansambel?

Pembahasan :
Ansambel berasal dari kata ansambel yang berarti bersama-sama. dengan dasar itu musik ansambel dapat diartikan : sebuah sajian musik yang dilakukan secara bersama-sama dengan menggunakan satu jenis alat atau berbagai jenis alat musik.

Soal 2 : Sebutkan bagian pokok penting komposisi dari musik ansambel!

Pembahasan :
Bagian pokok komposisi atau sajian musik ansambel terbagi 3 bagian:
#1 Pendahuluan
Merupakan bentuk melodi yang dimainkan pada bagian awal sebelum melodi pokok. Bagian ini disebut pula prelude atau intro.

#2. Isi atau Tema
Berupa lagu yang akan disajikan berupa permainan melodi lagu atau syair lagu yang dimainkan secara instrumental atau dengan vokal.

#3 Penutup
Merupakan bagian sajian musik ansambel juga berupa melodi atau permainan akor dan ritmis yang dimainkan setelah isi lagu selesai dinyanyikan.

Soal 3 : Sebutkan Jenis-jenis Penyajian Musik Bersama dan berikan contohnya!

Pembahasan :
Jenis Penyajian Musik Bersama, ada 5 bagian:
#1 Musik konser
Konser yaitu pertunjukan musik hanya satu jenis alat musik dalam jumlah yang banyak.Beberapa contoh, konser piano, konser biola dan konser harpa.

#2 Orkes Simfoni
Merupakan orkes besar dengan komposisi musik yang lengkap. Terdiri dari alat musik tiup, gesek, petik, tekan dan pukul. Dipimpin oleh derigent atau konduktor, dan pada umumnya membawakan lagu-lagu klasik. Beberapa contoh pergelaran oreks simfoni lagu-lagu Seriosa.

#3 Orkes Angklung
Merupakan persembahan musik yang dimainkan oleh sekelompok musik angklung yang lengkap terdiri dari angklung akor/pengiring dan angklung akor bas.

#4 Orkes Harmoni
Merupakan persembahan musik yang dimainkan dengan alat musik tiup dan alat musik pukul.

#5 Orkes Gambus
Merupakan persembahan musik sejenis orkes melayu yang membawakan lagu-lagu yang bernafaskan islam. Orkes gambus berasal dari Timur Tengah.

Soal 4 : Tuliskan alat musik ansambel berdasarkan fungsinya dan berikan contohnya!

Pembahasan :
Berdasarkan fungsinya, alat musik ansambel antara lain alat musik melodis, alat musik ritmis dan alat musik harmonis.

#1 Alat Musik Melodis
Alat musik melodis merupakan alat musik yang fungsinya untuk memainkan nada-nada/ melodi sebuah lagu. Beberapa contoh rekorder, pianika, organ, claniret, flute, rebab, suling, terompet, gitar, angklung, mandolin dan Glocken Spiel.

#2 Alat Musik Ritmis
Alat musik ritmis merupakan alat musik yang dalam permainannya memberikan irama (ritme) tertentu dalam pergelaran musik. Berhubungan dengan hitungan, birama dan ketukan. Beberapa contoh drumsyet, kastanyet, cimbal, triangle, tamburin, rebana, gendang, dan timpani.

#3 Alat musik harmonis
Alat musik harmonis digunakan untuk memainkan akor yang fungsinya sebagai pengiring lagu. Beberapa contoh gitar, akordion, piano dan keyboard.`

Demikianlah pembahasan contoh soal essai tentang Musik Ansambel. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment