PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG SATUAN MAKHLUK HIDUP EKOSISTEM

Posted by on 09 August 2017 - 7:46 AM

Edukiper.com - Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem. Kumpulan model soal berbentuk essai atau isian bidang studi Biologi untuk SMP tentang Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem beserta pembahasan. Pembahasan contoh soal ini disusun untuk membantu murid memahami dan mencapai beberapa kompetensi dasar dalam bab Ekosistem seperti mengeidentifikasi contoh pengertian dari populasi dan contohnya, kepadatan populasi, cara menghitung kepadatan populasi, faktor yang mempengaruhi kepadatan populasi, pengertian hubungan dari Ekosistem dan Biosfer

Soal 1 : Apa yang dimaksud dengan populasi dan berikan contohnya!

Pembahasan :
Populasi adalah kumpulan makhluk hidup sejenis (satu spesies) yaitu hidup dalam suatu habitat. Atau sekelompok makhluk sejenis yang hidup dalam suatu habitat. Beberapa contoh populasi antara lain 10 ekor anak ayam dalam satu kandang, serumpun pohon bambu dikebun dan serumpun pohon pisang diladang.

Satu spesies artinya jika makhluk hidup tersebut memiliki ciri morfologi (bentuk luar) sama, ciri fisiologi (fungsi organ tubuh) sama, tingkah laku sama dan dapat melakukan perkawinan yang menghasilkan keturunan fertil.

Soal 2 : Apa yang dimaksud dengan kepadatan populasi? Jelaskan cara menghitung kepadatan populasi di suatu tempat!

Pembahasan :
Kepadatan populasi adalah jumlah populasi per satuan luas habitat tertentu dalam kurun waktu tertentu. Kepadatan atau Densitas populasi dapat dihitung dengan rumus: D = N/S, dengan D adalah Densitas = padat, N adalah Nomerur = jumlah, S adalah Spatium = ruang.

Soal 3 : Pada kolam yang memiliki ukuran panjang 60 meter, lebar 25 meter dan dalamnya kolam 1 meter, terdapat 6000 ekor ikan. Maka kepadatan ikan dalam kolam tersebut untuk setiap meter kubik (1m2 tentukan!

Pembahasan :
Dik: jumlah ikan = N = 6000, volume kolam = S = 60 m x 25 m x 1 m = 1500 m3
Dit: D = ...?

Kepadatan populasi ikan :
D = N/S
D = 6000 / 1500
D = 4 ekor /m3.

Jadi, kepadatan poupulasi ikan di kolam itu adalah 4 ekor untuk setiap meter kubiknya.

Soal 4 : Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi kepadatan populasi!

Pembahasan :
Kepadatan populasi dipengaruhi oleh jumlah individu yang berada dalam suatu populasi. Perubahan jumlah individu dalam suatu populasi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti perpindahan, kematian, dan kelahiran.

#1 Migrasi (Perpindahan)
Migrasi dibedakan menjadi 2 macam yaitu imigrasi dan emigrasi. Imigrasi adalah proses masuknya individu dari tempat lain ke tempat baru. sedangkan Emigrasi adalah proses perpindahan dari tempat asal ke tempat lain.

#2 Mortalis (Kematian)
Mortalis adalah jumlah individu mati yang menyebabkan bertambahnya jumlah individu anggota populasi.

#3. Natalitas (Kelahiran)
Natalitas adalah jumlah individu lahir selamat di dalam suatu populasi yang menyebabkan bertambahnya jumlah anggota populasi. Semakin banyak yang lahir maka kepadatan akan semakin bertambah.

Soal 5 :Jelaskan hubungan Ekosistem dan Biosfer!

Pembahasan :
Hubungan timbal balik (interaksi) antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ekosistem. Contoh ekosistem adalah kebun, sawah, sungai,danau, hutan, gunung, padang rumput, gurun pasir dan laut. Ekosistem cenderung mengalami perubahan.

Keseluruhan ekosistem yang ada di muka Bumi mebentuk lingkungan dunia yang disebut biosfer. Biosfer terdiri atas hidrosfer yaitu perairan (ekosistem perairan misalnya sungai, danau dan laut) litosfer (Ekosistem daratan misalnya hutan, padang rumput dan gurun pasir) dan atmosfer (udara).

Demikianlah pembahasan contoh soal essai tentang satuan makhluk hidup di dalam ekosistem. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment