PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG SIKLUS ENERGI PADA MAKHLUK HIDUP

Posted by on 10 August 2017 - 7:43 AM

Edukiper.com - Siklus Energi. Kumpulan model soal berbentuk essai atau isian bidang studi biologi untuk SMP tentang Siklus Energi beserta pembahasan. Pembahasan contoh soal ini disusun untuk membantu murid memahami dan mencapai beberapa kompetensi dasar dalam Siklus Energi seperti peran manusia dalam ekosistem, pengertian dari siklus oksigen, pengertian dari siklus energi, pengertian dari siklus karbon (C) dan nitrogen, pengertian siklus air beserta manfaatnya.

Soal 1 : Dalam ekosistem, manusia berperan sebagai konsumen dan merupakan komponen biotik yang dominan. Jelaskan peran manusia di dalam ekosistem sebagai komponen biotik yang dapat mengadakan perubahan!

Pembahasan :
Di dalam suatu ekosistem, manusia bertindak sebagai komponen biotik dan bertindak sebagai konsumen dalam rantai makanan. Sebagai komponen biotik, manusia termasuk salah satu komponen yang memegang peran penting dalam menjaga ekosistem sebab manusia dapat melakukan tindakan yang dapat mempengaruhi kelangsungan ekosistem.

Berdasarkan perubahan yang dilakukannya, peran manusia dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu peran yang menguntungan dan peran yang merugikan.

#1 Perubahan yang Menguntungkan
Sebagai komponen yang dominan, manusia dapat melakukan berbagai perubahan yang sifatnya menguntungkan bagi kelangsungan ekosistem seperti reboisasi, irigasi, penghijauan, mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan dan membuat sawah bertingkat.

#2 Perubahan yang Merugikan
Manusia juga dapat melakukan berbagai tindakan yang berdampak buruk terhadap ekosistem misalnya : penebangan secara liar, membuang sampah sembarangan, perburuan terhadap satwa langkah dan penggunaan obat-obatan pestisida.

Soal 2 : Makhluk hidup mengambil unsur atau zat dari lingkungannya. Sama seperti energi, zat-zat tersebut juga mengalami perputaran yang disebut daur atau siklus energi. Jelaskan bagaimana tahapan siklus energi secara singkat!

Pembahasan :
Oksigen (O2) dihasilkan oleh tumbuhan hijau dalam proses fotosintesis. Oksigen di lepas ke udara dan di ambil oleh semua makhluk hidup (hewan, tumbuhan, dan manusia) untuk proses pernafasan/respirasi. Proses ini berlangsung dalam keadaan seimbang sehingga kadar oksigen di udara tetap.

Soal 3 : Apa yang dimaksud dengan siklus energi? Jelaskan bagaimana siklus energi dapat terjadi!

Pembahasan :
Siklus energi adalah Perputaran zat-zat dari suatu tempat ke tempat lain dan kembali lagi ke tempat semula. Siklus energi dapat terjadi sebab energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan namun hanya berubah bentuk. Perubahan tersebut bersesuaian dengan kebutuhan makhluk hidup akan energi.

Soal 4 : Jelaskan pengertian dari siklus karbon (siklus C) dan siklus nitrogen (siklus N)!

Pembahasan :
#1 Siklus Karbon (C)
Zat karbon terdapat dalam berbagai bentuk senyawa, diantaranya adalah karbohidrat, lemak dan protein. Di udara, unsur karbon terdapat dalam bentuk CO2 (karbondioksida). Oleh tumbuhan hijau, CO2 di udara diambil dan digunakan untuk proses fotosintesis dan disusun menjadi glukosa.

#2 Siklus Nitrogen (N)
Nitrogen merupakan unsur penyusun makhluk hidup yang sangat penting. Nitrogen terdapat dalam berbagai bentuk, antara lain sebagai nitrogen bebas di udara dan di dalam tanah. Di samping itu, nitrogen terikat dengan unsur lain membentuk suatu senyawa protein tubuh makhluk hidup.

Siklus nitrogen terbilang sangat kompleks. Nitrogen di udara dan di dalam tanah akan diikat oleh bakteri rhizobium (bakteri akar kacang-kacangan) dan diubah menjadi amonia dalam darah.

Soal 5 : Air merupakan salah satu bagian dari komponen abiotik yang memiliki pengaruh sangat besar terhadap komponen biotik. Ketersediaan air di alam terjaga berkesinambungan sebab air juga mengalami siklus. Jelaskan proses siklus air secara singkat!

Pembahasan :
Air yang dimanfaatkan manusia dalam berbagai macam kebutuhan, seperti untuk mandi dan mencuci dibuang ke lingkungannya. Buangan yang berbentuk uap langsung naik membentuk awan lagi, yang berbentuk cair terkena sinar matahari maupun sumber panas yang lain, akan menguap menjadi awan.

Pada suhu yang dingin, awan terkondensasi kemudian turun menjadi hujan lagi. Begitu seterusnya tidak ada habisnya. Siklus air sering dinamakan daur atau siklus hidrologi.

Demikianlah pembahasan contoh soal essai tentang Siklus energi. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment