Gambaran Umum tentang Universitas Riau dan Jurusan-jurusan Terfavorit di UNRI

Posted by on 11 April 2018 - 12:39 PM

Edukiper.com - Info Universitas. Universitas Riau atau biasa disingkat UNRI merupakan salah satu universitas negeri di Sumatera yaitu tepatnya di Riau, Pekanbaru. Bagi pelajar yang tinggal di daerah Pekan Baru, Universitas Riau tentu menjadi salah satu universitas yang mereka targetkan untuk melanjutkan pendidikan. Universitas ini juga kerap menjadi pilihan kedua atau ketiga bagi sebagian pelajar yang tinggal di daerah Sumatera khususnya yang masih berdekatan dengan Riau, misalnya Medan dan Padang. Sebelum memutuskan untuk berkuliah dimana, tentu adik-adik harus terlebih dahulu memperhatikan beberapa faktor termasuk profil universitas yang akan dituju. Oleh karena itu, untuk anda yang berminat melanjutkan pendidikan ke Pekanbaru, berikut edukiper rangkum informasin umum mengenai Univesitas Riau dan beberapa jurusn terfavorit di UNRI.

#1 Sejarah Universitas Riau
Universitas Riau terbentuk dari keinginan dan cita-cita bersama antara pemerintah daerah dan masyarakat Riau. Melalui pembentukan panitia persiapan perguruan tinggi Riau terbentuklah sebuah Yayasan Universitas Riau yang mengawali berdirinya perguruan tinggi yang kemudian diberi nama Universitas Riau pada tahun 1962.

Pada masa awal berdirinya, universitas Riau hanya terdiri dari dua fakultas, yaitu fakultas Ketataniagaan dan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan. Selang satu tahun, universitas ini kembali membuka dua fakultas baru, yaitu fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Pasti & Ilmu Alam. Seiring denga perkembangan zaman, jumlah fakultas di Universitas Riau juga semakin bertambah.

Pada awalnya, Universitas Riau dijalankan dengan sistem presidium dan mulai beralih ke sistem rektor sejak tahun 1980. Pada tahun tersebut, Universitas Riau akhirnya mempunyai rektor definitif berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No.148/M/1980.

#2 Lokasi Kampus UNRI
Kampus utama Universitas Riau, yaitu kampus Bina Widya terletak di Km 12,5 Simpang Baru Pekanbaru 28293 – Indonesia. Riau merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia dan merupakan provinsi dengan ekonomi terdepan di Sumatera. Salah satu keunggulan tempat ini bagi anda yang tertarik jurusan teknik anda dapat melakukan praktik kerja di salah satu perusahaan bonafit, Chevron Pacific Indonesia.

Kalau dilihat dari segi biaya, biaya hidup di Pekanbaru cenderung lebih tinggi dibanding biaya hidup di Medan. Harga pangan dan sewa tempat tinggal umumnya akan lebih mahal di Pekanbaru. Riau sendiri masuk dalam daftar sepuluh provinsi di Indonesia dengan biaya hidup tertinggi. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berkuliah di sana ada baiknya adik-adik berdiskusi terlebih dahulu dengan orangtua terlebih jika adik tinggal di luar Riau. Buat yang asli Riau mungkin biaya hidup sudah bukan masalah lagi karena sudah terbiasa di sana.

Baca juga : Info Umum dan Jurusan Terfavorit di USU.

#3 Daftar Fakultas di UNRI
Sebagai salah satu universitas terbaik di Riau, tentu saja UNRI terus mencoba menghadirkan program-porgram studi unggulan di kampusnya. Hal itu dapat dilihat dari perkembangan beberapa fakultas dan dihadirkannya bidang studi baru atau jurusan baru yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan tren di dunia kerja.

Secara garis besar, Universitas Riau terdiri dari sembilan fakultas, yaitu fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, fakultas Kedokteran, fakultas Teknik, fakultas Hukum, dan fakultas Keperawatan.

Dari beberapa fakultas yang disebutkan di atas, beberapa fakultas yang terbilang terfavorit dan banyak diminati adalah fakultas kedokteran, fakultas teknik, fakultas MIPA, fakultas Keperawatan, dan fakultas Ekonomi. Pada beberapa fakultas ini terdapat beberapa jurusan atau program studi yang paling banyak diminati dalam seleksi masuk perguruan tinggi.

#4 Penerimaan Mahasiswa Baru
Universitas Riau setiap tahunnya membuka penerimaan mahasiswa baru program sarjana dan diploma. Untuk penerimaannya sendiri, Universitas Riau biasanya membuka beberapa jalur penerimaan. Jalur tersebut antaralain jalur SBMPTN, SNMPTN, jalur Bidik Misi, Program Diploma, dan seleksi mandiri Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD), Penelusuran Bakat dan Minat (PBM).

Jalur PBUD dan PBM yang dibuka oleh Universitas Riau termasuk jalur seleksi khusus yang dibuka melalui undangan lokal yang dilakukan secara online. Jalur ini merupakan peluang yang baik untuk anda yang memiliki potensi unggul atau mahir di bidang bakat tertentu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai selekso jalur ini anda dapat melihatnya di halaman resmi Universitas Riau.

#5 Jurusan yang Paling Diminati di UNRI
Dari sekian banyak jurusan atau program studi yang ditawarkan oleh fakultas-fakultas yang ada di universitas Riau, ada beberapa program studi yang memang paling banyak diminati oleh pelajar dalam ujian seleksi masuk perguruan tinggi. Berikut ini edukiper rangkum beberapa jurusan yang terbilang favorit di UNRI berdasarkan tren beberapa tahun belakangan ini. Daftar ini kami urutkan berdasarkan perkiraan passing grade.

Untuk program studi bidang IPA, beberapa jurusan yang termasuk jurusan terfavorit di Universitas Riau dan banyak dipilih dalam ujian seleksi perguruan tinggi antaralain jurusan pendidikan dokter, jurusan teknik kmia, pendidikan matematika, ilmu keperwaratan, jurusan Pendidikan Kimia, jurusan Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian), dan jurusan Matematika.

Jurusan-jurusan paling diminati di Universitas Riau

Sedangkan untuk program studi bidang IPS, beberapa jurusan yang termasuk jurusan favorit dan banyak dipilih dalam ujian seleksi perguruan tinggi antaralain jurusan Ilmu Hubungan Internasional, jurusan Akuntansi, jurusan Ilmu Komunikasi, jurusan Adminitrasi Negara, jurusan Manajemen, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, dan Ilmu Pemerintahan.

Program studi atau jurusan-jurusan yang disebutkan di atas merupakan beberapa jurusan di universitas Riau yang memiliki passing grade terbesar yaitu berkisar antara 35 - 44%. Itu artinya untuk lolos di jurusan-jurusan tersebut dibutuhkan usaha yang lebih keras karena persaingannya lebih ketat dibanding jurusan lainnya.

Baca juga : Daftar Jurusan yang Paling Diminati di UI.

Demikianlah informasi ringkas mengenai Univeritas Riau dan beberapa jurusan terfavorit yang paling banyak diminati di UNRI yang dapat edukiper bagikan. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat dan menjadi gambaran bagi adik-adik yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jika informasi ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share di bawah. Terimakasih.

Image by Ramzy Muliawan on wikimedia Commons - Used Under a Creative Commons Licence

Advertisements

0 comments :

Post a Comment